Langsung ke konten utama

Pengalaman Tes Beasiswa Universitas Multimedia Nusantara 2017

Hai kalian para pejuang ilmu. 

Saya ingin menceritakan pengalaman saya mengikuti Tes Beasiswa UMN.
Saya sangat berminat UMN dari awal kelas 10 saya hanya melihat dari web sepertinya dia kuliah baru yang bagus. Apalagi dengan segala fasilitasnya yang serba baru dan bagus saya semakin tertarik. Lulusan-lulusannya yang saya paling kenal adalah seorang vlogger dan youtuber seperti Chandra Liow, David Beatt dan lain-lain. Chandra Liow dalam segi cinematography juga keren walaupun di UMN dia mengikuti jurusan DKV (karena semasa dia kuliah belum ada jurusan Film). 

Dengan membayar Rp. 350.000 saya isi seluruh data yang di formulir tertera. Nama, Alamat, Pas foto, Isi Raport dari semester 1-4 beserta akademik nasional/Internasional yang pernah diikuti. Setelah di verifikasi oleh panitia saya mendapatkan nomor ujian. Formulir bisa diisi secara online maupun offline. Saya memilih secara online. 

Hari Minggu , Oktober 2016 Tes Beasiswa itu dilaksanakan. Tesnya dilaksanakan jam 8.30 jadi saya harus sampai sana jam 8 untuk registrasi ulang atau setidaknya memperlihatkan kartu ujian saya.
Karena saya berdomisili di Jakarta Pusat sementara UMN di Serpong, Tangerang sana. Saya harus berangkat dari jam 6 agar terhindar dari macet dan sebagainya. Untung ada teman saya yang bisa diandalkan dan kami berdua naik motor sampai kaki pegel ke Serpong. Dengan hanya bermodalan GPS dan Handphone kami selamat sampai UMN jam 8.

Setelah registrasi saya langsung masuk ke ruang 803 salah satu ruang kelas untuk Ujian. Ujiannya merupakan ujian tertulis. Ada Logika, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia.
Dalam waktu 3 jam itu saya mengantuk tetapi tetap mengerjakan soalnya sebisa mungkin. Jujur saya tidak terlalu siap menghadapi ujian ini , tidak banyak persiapan dan uji coba soal-soal untuk menghadapi ujian ini. Tetapi saya berdoa dan mencoba dengan keras. 

Saya akan memberi beberapa contoh soal Tes Beasiswa UMN dibawah.

Setelah semua tes selesai. Peserta ujian di beri waktu 30 menit untuk istirahat. Lalu bagi yang jurusan minatnya Film dan DKV ada tes tambahan yaitu tes menggambar. Film di beri dua pilihan lagi Director/New Media dan Animasi.

Saya memilih New Media dan disuruh untuk membuat storyboard serta meneruskan plot ide yang sudah ada. 

Jika New Media lebih dinilai ceritanya, jika Animasi lebih dinilai gambarannya. Jadi kalau kalian semua ingin New Media tapi gambarnya jelek atau stickman tidak apa apa. Yang penting jelas.

Okay langsung saja ke soal-soal Tes Beasiswa UMN, untuk Tes rata-rata semua jurusan sama cuma dibedakan dengan tes gambar dan wawancara. Ada yang dapat ada yang tidak.

Bahasa Indonesia paling berita, lalu antonim sinonim, Kalimat Efektif dan tidak efektif.
Bahasa Inggris itu membaca cerita juga, Melengkapi kalimat, dan membenarkan kalimat yang salah

Matematika dan Logika yang saya bilang paling... hmm..
Matematika banyak soal-soal peluang, lalu soal subtitusi dan eliminasi, bidang juga seperti luas persegi dll, Bidang diagonal, lalu perbandingan umur, ada juga Aritmatika dan Geometri.

Contoh SOAL=
1. 4 Tahun yang lalu jumlah usia 2 orang bersaudara adalah 27 tahun, 11 tahun yang akan datang 2 kali usia yang tua sama dengan 2 kali usia yang muda ditambah 6 tahun...

2. Persegi ABCD, diagonal AC dan BD berpotongan  di T.S adalah tengah-tengah CT. Jika 0 adalah sudut TBS, maka nilai tan 0 adalah...

3. Setahun menabung uang A Rp.300.000 lebih kecil dibanding B. Lalu uang C Rp.200.000 lebih besar dibanding D. Jika D adalah 500.000 gabungan tabungan C &D = 2 x A. Maka besar tabungan B?

4. u1 adalah 6, dan u5 adalah 96. Berapa jumlah suku pertama sampai suku kelima?


Ehem. Alhamdulillah setelah 1 bulan pengunguman saya mendapatkan beasiswa 50% 


Good luck kalian semua para pejuang!!! :)

Komentar

  1. Soalnya gimana kak?yg ngambil jurusan teknik informatika katanya full beasiswa dari semester 1-8 apakah benar hhe

    BalasHapus
  2. CERITA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH

    Assalamualaikum saya bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah ijazah saya yang kemarin mulai dari SD sampai SMA saya hangus terbakar, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp/WA 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke email kami.
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Semua data di kirim sesuai alamat kantor
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.500.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persamaan Agama [Kristen, Islam, Budha, Hindhu, Konghucu]

  Di dunia ini ada sekitar 10 agama, dan di Indonesia hanya 5 agama yang di akui.  Tetapi walaupun berbeda kitab, tuhan, kepercayaan, ibadah, agama -agama ini mempunyai persamaan.  1. Mempunyai tempat untuk beribadah 2. Mempercayai adanya kehidupan setelah kematian (Surga, Neraka ataupun dilahirkan lagi dengan fisik yang berbeda) 3. Takut dengan dosa 4. Mempercayai bahwa ada pembuat alam semesta beserta makhuk-makhluknya. Jadi mengapa membuat kerusuhan? Membuat masalah?

Pengalaman TES MASUK IKJ FFTV 2017

  Halo kembali para pejuang ilmu. Pertama-tama selamat bagi yang dapat SNMPTN! Akhirnya jerih payah kalian terbayar. Saya ingin menceritakan pengalaman saya ujian/ tes masuk IKJ FFTV (Fakultas Film dan Televisi). Sebelumnya saya pernah sharing tentang Pengalaman Tes Beasiswa UMN . Saya sudah mencoba ke 3 kuliah yang berbeda dengan fakultas/jurusan yang sama yaitu Film. Dan ini IKJ adalah yang paling deg-degan karena saya berharap banget untuk masuk kesini. Sekolah seni yang memang sudah pro dalam Film. Di IKJ FFTV ini tidak cuma sekedar Film saja tapi dia masih dibagi-bagi apakah mau jadi sutradara? Penata suara? Penulis skenario? Editor? Dan lain-lain masih di bagi-bagi.  Saya mendaftar online lewat website http://fftv.ikj.ac.id/ dan http://www.pmbfftvikj.net/HalamanUtama.aspx . Setelah signup nanti akan dapat email id dan password melewati email. Segala sesuatu mengenai pendaftaran biasanya lewat email jadi pastikan kalian semua sering mengecek email. Pok